Saturday, August 24, 2013

Komponen-Komponen dalam CPU

Prosesor merupakan otak suatu komputer, prosesor ini sering disebut dengan nama Pentium atau AMD ( Advanced Micro Device ). Prosesor adalah komponen terpenting dalam sebuah komputer. Biasanya sebuah prosesor mengusung suatu frekwensi dengan satuan MHz atau GHz. Pentium 4 misalnya mengusung 1,8 GHz, di dalam prosesor tersebut tertanam jutaan transistor yang jarak antar transistor dalam satuan nano meter alias sepermilyar meter. Prosesor sendiri selain di dalamnya mempunyai transistor juga mempunyai memori kontroler, memori kontroler ini menentukan sebuah kerja prosesor, jika suatu prosesor mempunyai memori cache besar maka prosesor tersebut bagus kinerjanya. Biasanya istilah dibidang komputer secara tekhnik disebut L1 cache, L2 cache. L1, L2, dan L3 Cache adalah suatu tempat untuk penampungan data sementara jika Prosesor sedang loading data yang besar Untuk mengantri diproses oleh komputer, data2 tersebut diberikan ruang tunggu di cache tersebut. Soal Performa, tidak bisa ditentukan oleh L1, L2, maupun L3 Cache nya saja tapi juga ditentukan oleh FSB ( Front Side Bus ) alias lebar data, proses Produksi (65 nm, 45 nm, dll) dan juga arsitektur prosesor itu sendiri.


Ciri prosesor, jika anda mempunyai komputer Pentium 4 lawas maka anda mempunyai prosesor dengan socket 478. Maksudnya di prosesor ada pin sebanyak 478. Sedang prosesor terbaru sekarang tidak menggunakan pin, pin sendiri dipindah ke mainboard. Hanya prosesor AMD saja yang masih menggunakan model socket. Pentium adalah merupakan kode dagang, sekarang penamaan pentium sudah tidak lagi dipakai dan diganti dengan istilah Core !

Biasanya dalam pembelian prosesor ada heat sink dan kipasnya, heat sink adalah semacam besi/alumium/tembaga untuk menyeraop panas prosesor.


Prosesor dibagi dengan segmen class .. kalo keluaran Intel Procesor dikenal dengan Intel Pentium dan Intel Celeron, lho apa bedanya ? memang keduanya keluaran Intel, yang membedakan kedua prosesor itu selain penamaan jeroan isinya juga berbeda, perbedaan ini ditentukan dengan besaran L1 dan L2 cache, katakanlah prosesor Intel Celeron itu versi murah atau ekonomisnya sebuah prosesor keluar Intel

Nama Intel® Celeron® sebenarnya dibuat untuk membuat prosesor dengan harga lebih terjangkau (murah) dibanding yang dinamakan Intel® Pentium® 4 atau Intel® Pentium® III pendahulunya yang juga didampingi dengan produksi Intel® Celeron®. Intel® Celeron® hampir selalu diproduksi dengan L2 cache yang lebih rendah dibanding Intel® Pentium® 4 atau Intel® Pentium® III pada periode pemasaran yang sama. Prosesor ini ditujukan untuk penggunaan yang tidak terlalu berat, meskipun pada suatu masa sebelumnya server yang menggunakan prosesor ini juga dipasarkan oleh Intel. Dengan demikian teknologi dasar yang dipakai memang sama dengan versi yang optimum yaitu Intel® Pentium® 4 tapi dengan pengurangan cache dan harga yang lebih terjangkau. Jadi kalo prosesor Intel Genuine mengusung L2 cache sebesar 1 MB dan Celeron 256 kb tetapi clock speed sama maka kinerjanya juga nggak sama, karena L2 cache itu adalah tempat untuk menaruh data yang diproses prosesor.

Dalam bahasa kerennya Intel Celeron itu adalah Intel Genuine tetapi dipangkas kemampuannya. Intel Celeron tidak ditujukan untuk pemakaian aktifitas komputer yang berat seperti game 3D, video editing, image editing. Biasanya pemakaian Intel Celeron ini untuk kantoran yang tidak membutuhkan komputer yang diajak kerja marathon

Lain halnya dengan prosesor keluaran AMD, AMD juga membagi dua class prosesornya, AMD Ahlon dan AMD Sempron ( dulu Duron ), tetapi prosesor versi ekonomisnya AMD ini sungguh berbeda, kalo versi ekonomisnya Intel Celeron pada awalnya sengaja dibuat, sedangkan AMD Sempron rumor yang beredar adalah prosesor AMD Sempron adalah prosesor AMD Athlon yang tidak lolos uji, sehingga dijadikan prosesor di bawah kelasnya yaitu AMD Sempron ( Duron ). Sehingga acapkali ada orang berani “mengoprek” prosesor AMD Duron menjadi AMD Athlon beneran. Kenapa sih AMD kok nggak setenar Intel ? Bagi kalangan pemakai awam AMD adalah merupakan prosesor yang kurang dilirik. Tetapi bagi kalangan pemakai komputer yang sudah hobby AMD adalah sebuah prosesor dambaan, selain murah, kinerjanya tidak kalah dengan Intel. Kalo saya beli prosesor Intel 2,0 GHz seharga 1 juta, sedangkan AMD dengan speed 1,6 GHz, kinerjanya nggak kalah sama Intel walau harganya lebih murah AMD, AMD sebenernya tidak menggunakan penamaan frekwensi dengan satuan GHz, tetapi menggunakan PR ( Perormance Rating ), misalnya AMD 2000+, clock speednya dalah 1,6 GHZ ! kok bisa ? Artinya jika PR 2000+ bisa dibandingkan dengan Intel Pentium dengan clock speed 2000 MHz atau 2,0 GHz

Clock speed suatu prosesor bukan segalanya, dari pada capek-capek menggenjot clock speed lebih baik meningatkan kinerja sebuah prosesor. Jadi secara kasar, clock speed rendah tetapi bisa menghantam clock speed cepat !

Motherboard

Pembahasan motherboard akan sangat kompleks dan meluas, untuk tahap perkenalan motherboard tak lain adalah papan induk pcb besar, di mana kita semua akan menancapkan hardware yang kita beli. Ada banyak motherboard dari berbagai merk tersebar di toko-toko mangga dua dan lain sebagainya. Contoh motherboard beserta keterangannya lihat gambar berikut :



Keterangan :
a. Processor Socket
Tempat menaruh prosesor, ada yang berbentuk socket 478 pin, LGA 775 dll
b. Memory
Tempat menancapkan keping memori / RAM tergantung motherboardnya, bisa SDRAM /DDRAM
c. Northbridge
Chipset motherboard, atau chipset utama
d. AGP
Slot VGA AGP ( Accellerator Grapic Port ), kartu VGA untuk memproses gambar / video (rendering )
e. PCI
Slot PCI ( Peripheral Component Interconnect ) seperti modem, kartu suara, firewire, tv tunner card, ethernet card
f. IDE
Integrated Drive Electronic, maksud adalah hardisk IDE ? PATA
g. BIOS
Basic Input Output System, pengaturan setting mesin komputer
h. Southbridge
Chipset kedua motherboard
i. SATA
Serial ATA ( AT Attachment ) AT : Advanced Technology, Hardisk model terbaru SATA



Di motherboard ini semua peripheral menancap, pembelian motherboard harus jeli karena motherboar juga menentukan kinerja sebuah komputer, dimana motherboard ada dua jenis, ya motherboard dengan form factor micro ATX alias motherboard mini dan motherboard ATX.



Kedua motherboard di atas dibedakan atas beberapa hal, pertama yang paling mencolok adalah adanya tempat colokan monitor, istilah umumnya motherboard dengan vga onboard, gambar atas sebelah kiri ada yang dilingkari itu merupakan tempat colokan monitor. Sedangkan motherboard di sebelah kanan adalah motherboard dengan jenis ATX dimana tidak ada tempat colokan monitor, untuk colokan monitor diberi card VGA ( baca VGA Card ) di makalah selanjutnya. Bagusan mana ? Tentu saja yang versi Atx lebih bagus, selain luas sehingga tempatnya agak lega untuk sirkulasi udara di dalam casing. Selain ini tempat untuk menambah peripheral baru lumayan banyak. Lihat warna putih saya lingkari, itu untuk menambah peripheral baru, entah itu modem, soundcard, firewire dll.

RAM

RAM (Random Access Memory) adalah memory sementara atau alat penyimpan data sementara untuk diproses di processor/CPU atau dipindahkan ke tempat lain (misalnya harddisk). RAM tidak bisa menyimpan data, begitu daya listrik mati maka isinya juga hilang. Besaran Ram ditentukan oleh rumus MB ada 128 MB 256 MB 512 MB 1 GB dan seterusnya.

Di dalam ranah komputer mengenal beberapa jenis memori, tetapi saya batasi hanya memori yang masih beredar di pasaran baik second maupun baru.

SDRAM
Single Data RAM adalah memori yang biasa di pakai di komputer Pentium 3 kebawah. kadang ditemukan juga di Pentium 4 awal.



RAM jenis SDRAM adalah dengan istilah PC100 dan PC133

DDRAM ( DDR1 )

Double Data, adalah jenis memori yang dipakai untuk Pentium 4 ke atas *



Memori jenis DDR2 iniada beberapa jenis PC1800 PC2100 PC2700 dan PC3200

DDR2



Perbedaan DDR1 dengan DDR2 bentuknya yang agak mirip dan beda clock, RAM kedua jenis ini tidak bisa dipakai sembarangan DDR2 biasanya dipakai untuk komputer yang berprosesor Dual Core / Core 2 Duo. Lock di mulai dengan PC4200 PC5300 PC6400

VGA ( Video Graphics Array )

VGA Card adalah sebuah peripheral slot ekspansi yang ditancapkan ke motherboard. Fungsi Vga sendiri adalah memproses gambar dan video, kerja komputer terberat adalah memproses gambar, ini pekerjaan yang tidak ringan bahkan bisa dikatakan kerja berat, maka untuk menghindari kerja berat seperti ini dibutuhkan sebuah prosesor lagi, kalo kita mengenal prosesor sebagai otak komputer seperti Intel Pentium / Core 2 Duo / Dual Core / AMD, maka VGA Card juga mempunyai prosesor, prosesor ini diusung oleh dua pabrikan yang selalu berseteru sejak dulu, ATi Radeon yang dimiliki oleh AMD ( prosesor saingan Intel ) dan Nvidia. Besaran VGA sendiri dihitung dari jumlah memori yang diusung misal VGA dengan Ram 128 MB, maka VGA tersebut mempunyai ruang untuk memproses gambar samai 128 MB dan tidak menggambil memori utama komputer ( baca makalah RAM ), berbeda dengan VGA Onboard, untuk motherboard jenis onboard besaran memori mengambil memori utama alias share, jika onoardnya 128 Mb dan sebuah komputer mempunyai RAM 256 maka komputer hanya bekerja dengan RAM 128, karena yang 128 Mb digunakan untuk proses VGA.

Ada dua jenis VGA yang beredar di pasaran, yang membedakan VGA tersebut adalah VGA AGP dan VGA Pcie 16 X

VGA AGP



VGA PCIe 16X



Yang membedakan adalah jenis slotnya ( lihat yang berwarna kuning emas bagian bawah ), dan ini pun juga dibedakan dengan jenis motherboardnya, ada motherboard jenis dengan VGA AGP ada juga motherboard jenis VGA PCIe.

Motherboard dengan VGA AGP



Motherboard dengan VGA PCIe 16X



Hardisk


Hardisk adalah sebuah media penyimpanan yang menggunakan plater atau besi yang tahan banting dalam putaran tertentu, besaran hardisk sekarang ini dalam satuan GB

Contoh gambar hardisk



Sedangkan jeroan hardisk bisa dilihat di bawah :



Ada dua jenis hardisk yang saat ini lazim dipakai untuk komputer rumahan yaitu hardisk jenis PATA dan SATA, perbedaannya pada interface kabel yang dipakai. PATA biasanya dipakai pada komputer model lama



Optik Drive


Drive optik ini gunanya bermacam-macam. Untuk instalasi program komputer ada dua macam yang bersifat ROM dan RW, yang ROM hanya bisa baca dan yang RW bisa untuk membakar /rekam.



Casing

Casing adalah rumah peripheral komputer, coba anda bayangkan jika komputer tanpa casing. Casing sendiri ibarat rumah untuk menaungi peripheral komputer, casing biasanya sudah ada PSUnya alias power suply unit.



Power Supply

Power supply biasanya jadi satu paket dengan casing kecuali anda membeli terpisah, memang jarang membeli casing terpisah dengan psu, kecuali memang suka sama bentukcasing tetapi mengganti psu dengan yang lebih baik.





Jika Anda berhadapan dengan komputer, maka Anda akan bersentuhan dengan monitor, keyboard, mouse, dan juga CPU. Lantas dari semua komponen itu, manakah yang lebih penting dalam sebuah komputer? Jawabannya tentu CPU. Intinya, komputer terdiri dari sistem atau struktur CPU yang juga dikenal dengan prosesor, kumpulan memori, dan piranti internal dan eksternal.

Komputer adalah sebuah titik cerah yang menjadi awal masuknya sistem pengoperasian dan pengaturan informasi yang mencakup skala besar di seluruh dunia. Pada zaman permulaan munculnya radio atau televisi sebagai media elektronik, informasi yang ada di seluruh dunia bisa ditampilkan langsung di depan mata atau dekat kita tanpa harus ada di tempat itu.

Kemudian, dengan kemunculan komputer di tengah-tengah kita, derasnya informasi dapat diatur sedemikian rupa, sehingga data yang tersimpan sebagai materi berita terkini dari televisi atau radio dapat disebarluaskan secara menyeluruh dan serentak di beberapa titik di seluruh dunia.

Betapa hebatnya komputer yang ada pada zaman sekarang ini. Semakin meningkatnya perkembangan teknologi, seperti munculnya jaringan internet, komputer menjadi barang elektronik yang banyak diburu orang.

Central Processing Unit

Sederhananya, CPU yang merupakan kepanjangan dari Central Processing Unit adalah unit pengolahan pusat yang merupakan (hardware) perangkat keras pada komputer. Tugasnya adalah membaca dan melaksanakan perintah data-data perangkat lunak (software).

Sebagian orang kemudian menyebut CPU dengan istilah prosesor (pengolah data). Berbicara CPU, maka kita berbicara komponen terpenting dari sistem sebuah komputer. Sekali lagi, CPU-lah yang melakukan pengolahan data yang sesuai dengan instruksi yang diperintahkan kepadanya.

Perangkat CPU dalam komputer mempunyai peranan yang sangat penting. CPU merupakan “otak”-nya komputer. Anda bisa memberikan definisi tentang CPU, yakni salah satu perangkat komponen di dalam komputer yang bertugas menerjemahkan instruksi program dan processing data yang ada dalam komputer itu sendiri.

CPU mempunyai kemampuan dasar dalam melakukan programming suatu perintah dan melakukan proses secara teknis-mekanis. Sebelum ada CPU seperti sekarang ini, komputer bermodel jadul alias jaman dulu, semisal Eniac, biasanya mempunyai bentuk yang merupakan gabungan dari beberapa kabel atau kawat yang tidak sama fungsinya (berbeda dalam tempat penyambungannya).

Secara umum CPU didefinisikan sebagai sebuah kotak ajaib, di mana seluruh device atau peripheraldirakit di dalamnya. Definisi secara teknik, CPU sebagai tempat processor (si otak) yang di pasang dalam sebuah arsitektur sistem komputer. Merk-merk besar yang mendominasi CPU yang dikenal hingga kini, yaitu seperti Intel, AMD, Cyrix, Motorola, Fujitsu, dan IBM.

Dalam perkembangannya, CPU masih terus dapat bersaing dengan produk sejenis yang lebih compact, seperti netbook, laptop, ipad, dan lain sebagainya. Penggunanya masih mengakui keunggulan dalam segi keawetan dan banyaknya kegunaan di dalamnya.

Banyak CPU yang dapat bertahan hingga beberapa tahun bila dibandingkan dengan produk-produk komputer jinjing. Oleh karena itu, CPU tetap menjadi primadona dalam dunia teknologi saat ini. Dahulu ukuran untuk menjelaskan kecepatan CPU adalah clock speed (GHz), contohnya: 3 GHz CPU biasanya memiliki kecepatan daripada 2 GHz CPU.

Sebagaimana diketahui, bahwa semakin tinggi clock speed berarti CPU mampu menerjemahkan instruksi program lebih cepat. Namun, sekarang ukuran kecepatan tidak hanya bergantung pada clock speed saja, melainkan ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, di antaranya sebagai berikut.

Dual-Core, yang dengan sistem ini mampu melakukan beberapa proses secara paralel. Dengan Hyper-Threading, misalnya beberapa proses dilakukan dengan hanya satu arus. Tapi, dengan Dual-Core proses-proses tersebut dipisah-pisah menjadi dua arus, di mana setiap arusnya melakukan prosesnya secara sendiri-sendiri.
Hyper-Threading (HT), dengan sistem ini Anda dimungkinkan mampu menjalankan beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan (paralel). Keunggulan dari HT ini, Anda mampu melakukan beberapa aplikasi tersebut tanpa harus terkendala oleh kelambanan (lagging).
Front Side Bus, sistem ini memengaruhi proses transfer data dari CPU ke RAM. PC dengan Front Side Bus yang tinggi sangat cocok digunakan oleh para penggila games (gamers) dan juga digital media.
Execute Disable Bit, mampu mengurangkan tingkat pengamanan (security), seperti memory buffer overlaw yang sesungguhnya tidak mampu ditanggulangi oleh anti-virus.
Enhanced Intel Speed Step, sistem ini biasanya digunakan di laptop atau notebook untuk melakukan pengiritan penggunaan listrik dari battery.
Extended Memory-64, sistem dengan kapasitas 32-bit di CPU mempunyai kapasitas yang maksimal untuk RAM sebesar 4 GB.
Pada dasarnya CPU menjadi bagian terpenting dalam satu-kesatuan konstruksi bernama komputer. Kegunaan CPU bisa di jabarkan menjadi banyak macamnya, di antaranya adalah sebagai berikut.

Sebagai pelindung hardware atau peripheral utama, seperti motherboard, hardisk, mikroprosesor, memori powersuply, dan pheripheral yang lainnya.
Menginspeksi sistem BIOS untuk mendistribusikan suatu program yang akan dijalankan oleh unit pemproses sentral pada sebuah komputer.
Melakukan proses aritmatika dan logika terhadap data dari memori yang merupakan informasi dan dimasukkan melalui perangkat keras, seperti keyboard dan lain sebagainya.
Sebagai pusat alat-alat pendukung seperti monitor, printer, modem, scanner, keyboard, mouse, dan lain sebagainnya mengirim sebuah perintah yang akan dijalankan oleh si otak komputer (CPU) sesuai fungsinya masing-masing.
CPU juga berfungsi sebagai tempat seluruh pusat data dalam proses menggunakan komputer.
CPU dijalankan dengan sekumpulan instruksi dari hardware atau device penyimpan data, seperti hardisk, disket, cd, dan di instruksikan oleh user melalui alat, seperti mouse, keyboard, scanner, printer, modem, dan lain sebagainya.

Perintah itu berada dalam bentuk data yang diambil kemudian disimpan dahulu di RAM (memori fisik). Di dalam RAM setiap data yang akan diproses akan diberikan alamat-alamat uniknya sendiri atau disebut alamat-alamat memori. CPU kemudian akan mengakses atau memproses alamat-alamat memori sesuai perintahnya dan menjadikannya output yang dapat dimengerti oleh user.

Kegunaan CPU akan terus optimal apabila dilakukan perawatan-perawatan oleh pemiliknya. Seperti setiap enam bulan sekali membuka dan membersihkan CPU beserta pheripheral di dalamnya. Berikan jarak ventilasi yang cukup agar panas yang dihasilkan cpu dapat tidak terhambat.

UPS dan stabilizer dapat menjadi pilihan untuk menjaga tegangan listrik ke dalam komputer tetap stabil. Jauhkan juga CPU dari alat-alat elektrnik lainnya yang memiliki medan magnet yang tinggi dan dapat mengganggu proses kerja CPU dan pheripheral lainnya.

Sama seperti otak manusia, apabila perawatan baik, maka kegunaan CPU sebagai si otak komputer akan tetap briliant atau optimal kinerjanya. Di antara beberapa merk dan jenis intel CPU dapat disebut adalah sebagai berikut.

Core 2 Quad
Core 2 Duo
Core 2 Extreme
Core 2 Solo
Pentium D
Pentium M
Pentium 4
Mobile Pentium 4
Celeron B
Celeron M
Ceon
Itanium 2
Komponen CPU

Seperti halnya rumah yang berisi aneka peralatan, maka CPU mempunyai aneka komponen lain di dalamnya yang kemudian mewujudkan fungsi dan tugasnya masing-masing. Ada pun komponen-komponen itu meliputi berikut ini.

1. Arithmetic and Logic Unit (ALU)

Komponen ini berperan membentuk aneka fungsi pengolahan data di komputer. Kerena sifatnya yang mampu membaca instruksi bahasa mesin yang diberikan padanya.

ALU kemudian juga disebut-sebut sebagai bahasa mesin (machine language). Sesuai namanya, ALU pun terdiri dari dua komponen penting. Mereka adalah unit aritmetika dan unit logika yang memiliki tugas dan kemampuannya sendiri.

2. Control Unit

Sesuai namanya, Control Unit sangat berperan dalam hal melakukan pengontrolan pada operasi CPU, lebih luas mengontrol keseluruhan instruksi dan eksekusi komputer, sehingga timbullah sinkronisasi kerja-kerja antarkomponen. Tugas Control Unit lainnya, yakni menangkap aneka instruksi yang datang dari memori utama dan melakukan penentuan dalamn hal jenis instruksi.

3. Register

Komponen Register ini merupakan wadah penyimpan pada internal CPU yang bekerja pada saat terjadinya proses pengolahan data. Memori Register ini memang bersifat sementara dan hanya dipakai untuk menyimpan ragam data saat dilakukan pengolahan ataupun pengolahan terusannya.

4. CPU Interconnections

Komponen CPU Interconnections ini merupakan kesatuan sistem koneksi dan terminal yang bekerja dalam hal melakukan penghubungan antara komponen internal CPU yang meliputi ALU, Unit Kontrol, dan Register. Komponen ini juga melakukan hubungan dengan bus eksternal pada sebuah CPU sebagai penghubung menuju sistem lainnya, memori utama, dan aneka piranti internal dan eksternal sebuah komputer.

Nah, itulah sekilas komponen atau unsur-unsur yang ada pada sebuah komputer, yaitu struktur CPU yang ternyata merupakan otak dari sebuah komputer. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment