Friday, August 23, 2013

Keys on the Keyboards




Fungsi keyboard. Sebuah unit komputer membutuhkan perangkat lunak atau software dan perangkat keras (hardware) untuk bisa dioperasikan. Perangkat keras sebuah komputer terdiri dari beberapa komponen seperti CPU (Central Processing Unit), motherboard, processor, hard disk, memory, VGA, CD-ROM, monitor, mouse, keyboard, dan lainnya. Masing-masing perangkat keras tersebut mempunyai fungsi yang berbeda, misalnya hard disk sebagai komponen untuk pengolah dan penyimpan data ke memori komputer.

Fungsi perangkat keras lainnya pun penting, termasuk fungsi keyboard yang juga sangat kruasial dalam pengoperasian sebuah komputer.

Keyboard komputer merupakan perangkat keras sebuah komputer yang sangat penting sebagai alat input pada komputer. Fungsi keyboard berguna untuk memasukkan karakter huruf, angka, dan beberapa tombol fungsi pada keyboard yang membantu program di komputer saat seseorang sedang mengoperasikan sebuah aplikasi program komputer.

Seperti yang sudah diketahui, keyboard merupakan salah satu alat input yang mempunyai beragam tombol dengan masing-masing fungsi dan kegunaan yang berbeda. Fungsi keyboard bergantung dari tombol-tombol pada keyboard komputer yang sedang digunakan, misalnya tombol ketik yang biasanya digunakan sebagai fungsi keyboard untuk mengetik sebuah dokumen (baik Ms.Word, Ms.Excell dan lainnya). Selain fungsi keyboard untuk melakukan pengetikan, fungsi keyboard pun bisa berguna untuk menjalankan suatu perintah pada pengoperasian aplikasi komputer.

Peran sebuah keyboard memang sangat penting dalam perangkat komputer. Jika tak ada keyboard, beberapa aplikasi program komputer tak bisa dijalankan karena fungsi tombol-tombol di dalam keyboard mendukung beberapa aplikasi program komputer tersebut. Dengan kata lain, fungsi keyboard akan memudahkan seseorang dalam menjalankan program dan aplikasi di komputer.

Aneka Fungsi Keyboard Tombol

Seperti yang sudah kita bahas bahwa fungsi keyboard masing-masing tombol berbeda. Dalam sebuah keyboard komputer terdiri dari beberapa tombol yang berisi tombol ketik, tombol kontrol, tombol fungsi, tombol alternate, tombol navigasi, tombol num lock, dan tombol kombinasi. Kesemua tombol keyboard tersebut mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda dan semuanya saling mendukung satu sama lain.

Fungsi keyboard tombol ketik digunakan untuk keperluan mengetik atau memasukkan data (entri data) ke dalam jendela dokumen. Deretan tombol ketik berupa huruf alfabet yang tersusun di keyboard. Ketika seseorang ingin membuat sebuah dokumen, maka harus menggunakan tombol ketik untuk menampilkan tulisan di monitor komputer. Dalam tombol ketik pun terdapat tombol Caps Lock yang berguna sebagai fungsi keyboard membesarkan huruf yang sedang diketik.

Fungsi keyboard tombol kontrol akan berfungsi ketika digabungkan dengan kategori tombol lainnya. Misalnya, menekan tombol kontrol dengan huruf C akan berfungsi mengopy sebuah kalimat atau kata bahkan dokumen yang ada di jendela monitor. Jika menekan CTRL+V maka akan mem-paste dokumen tersebut. Jika Anda menekan tombol CTRL+B maka fungsi keyboard akan menjadikan tulisan atau angka berubah tebal. Apabila menekan tombol CTRL+U maka fungsi keyboard akan berfungsi untuk membuat garis bawah sebuah kalimat atau kata, dan masih banyak tombol fungsi kontrol lainnya yang bisa dioperasikan.

Fungsi keyboard tombol fungsi merupakan deretan tombol yang ada di keyboard mulai dari F1 hingga F12. Fungsi keyboard tombol ini disesuaikan dengan sistem operasi atau aplikasi yang sedang dijalankan. Contohnya pada tombol fungsi F1 yang berguna menampilkan menu Help yang akan memberikan penjelasan mengenai aplikasi yang sedang dijalankan. Tombol F7 pada laptop untuk mengaktifkan atau tidak pointer.

Tombol alternate tidak dapat dikombinasikan dengan tombol lainnya dan hanya berfungsi untuk mengaktifkan atau memulai penggunaan menu bar. Fungsi keyboard tombol navigasi bevariasi bergantung dari tombol navigasi yang sedang dijalankan. Misalnya, Esc yang berfungsi untuk membatalkan dialog, tombol Enter yang berguna untuk melaksanakan pilihan atau mengakhiri suatu paragraf saat mengetik, tombol navigasi Tab yang berfungsi untuk memindahkan teks sesuai dengan tanda tab yang ada pada ruler horizontal.

Tombol navigasi dalam fungsi keyboard memang masih banyak lainnya. Misalnya tombol End yang berfungsi memindahkan posisi kursor ke akhir baris, fungsi keyboard Page Up untuk menggulung layar ke atas, fungsi keyboard Page Down untuk menggulung layar ke bawah, fungsi keyboard tombol Left untuk memindahkan kursor satu karakter ke kiri, fungsi keyboard tombol Right untuk memindahkan kursor satu karakter ke kanan, fungsi keyboard Home untuk memindahkan posisi kursor ke awal baris, fungsi keyboard insert untuk menyisipkan karakter di posisi kursor, fungsi keyboard End untuk memindahkan kursor ke akhir baris. Tombol fungsi Backspace untuk mengembalikan atau menghapus karakter yang diinginkan.

Jenis-jenis Keyboard Komputer

Fungsi keyboard pada komputer memang sangat penting dan tak bisa diabaikan. Jika tak ada keyboard, pengoperasian komputer akan tersendat. Bayangkan saja ketika hendak melakukan pengetikan dokumen, tetapi keyboard komputer tak terpasang sehingga pekerjaan pun akan tersendat, bukan?

Keyboard komputer ternyata memiliki beberapa jenis. Variasi dan jenisnya tergantung pada penggunaannya. Ada keyboard yang tergantung tata letaknya, tipe koneksi, ataupun penggunaannya diperuntukan untuk apa. Menurut tata letaknya keyboard komputer terdiri dari 2 jenis, yaitu keyboard QWERTY dan AZERTY. Keyboard AZERTY digunakan terutama di Perancis, berbeda dengan keyboard QWERTY yang biasa digunakan oleh semua orang (negara). Tombol keyboard QWERTY memiliki deretan enam huruf yang saling berdekatan dan letaknya ada pada susunan paling atas huruf yang membentuk susunan huruf tersebut.

Seperti yang sudah dijelaskan mengenai jenis keyboard sangat bervariasi tergantung dengan CPU (Central Processor Unit), aplikasi, tata letak tombol dan jenis yang disesuaikan dengan fungsi keyboard komputer. Untuk jenis keyboard komputer menurut tipe koneksi adalah wireless keyboard dan wired keyboard. Wireless keyboard dibedakan menjadi tiga jenis koneksi dasar yaitu Bluetooth keyboard, Infrared keyboard, frekuensi Radio Keyboard.

Jenis keyboard lainnya yang menurut tata letaknya yaitu keyboard ergonomis dan compact keyboard. Keyboard ergonomis dirancang khusus untuk kenyamanan tangan dan pergelangan tangan si pengguna keyboard. Biasanya di keyboard ergonomis fungsi keyboard akan terasa mudah karena dibuat berdasarkan dengan ukuran jari dan lengan.

Berbeda dengan keyboard ergonomis, compact keyboard dibuat lebih simpel dan sangat ramping serta biasanya tidak memiliki keypad numerik di sisi kanan keyboard. Compact keyboard terkadang juga dilengkapi dengan pad karet yang bisa digunakan sebagi pengganti mouse. Fungsi keyboard tombol numerik yang biasanya ada di sisi kanan sebuah keyboard dijadikan satu di compact keyboard.

Jenis keyboard lainnya adalah keyboard yang menurut fungsi khusus. Jenis keyboard ini yaitu keyboard internet, keyboard multimedia dan gaming, serta keyboard virtual. Fungsi keyboard masing-masing berbeda, misalnya keyboard gaming akan lebih kuat tombol-tombol pointer-nya karena akan lebih sering digunakan dibandingkan tombol keyboard internet yang hanya akan digunakan untuk sekadar berselancar atau chatting saja.

Ketika Anda hendak membeli sebuah keyboard komputer, sebaiknya Anda melihat terlebih dulu apakah fungsi keyboard tersebut digunakan untuk apa dan akan menjalankan aplikasi apa sehingga Anda tak sia-sia membeli perangkat keras keyboard untuk komputer Anda.

0 comments:

Post a Comment